Marka Thermoplastik – Pengertian, Bahan dan Keunggulan

marka thermoplastik

Saat berkendara di jalan raya, kita sering melihat garis, rambu, dan marka jalan yang memandu kita. Namun, di balik kemudahan penggunaannya terdapat teknologi canggih yang berkontribusi pada sistem transportasi yang efisien dan aman. Inovasi penting dalam infrastruktur jalan melibatkan marka thermoplastik.

Dalam artikel ini, Aspalin akan mengeksplorasi berbagai aspek rambu termoplastik, termasuk komposisinya, manfaatnya, penerapannya di jalan raya, dan bagaimana rambu tersebut membantu menjaga keselamatan pengguna jalan.

Apa Itu Marka Thermoplastik

Marka termoplastik merupakan bagian penting dari infrastruktur jalan, berfungsi sebagai mercusuar, indikator dan marka jalan di jalan. Terbuat dari bahan termoplastik yang dapat dicairkan dan diaplikasikan pada permukaan jalan. Marka termoplastik sering kali berbentuk strip, rambu peringatan, dan simbol lain yang membantu pengemudi dan pengguna jalan lainnya mengidentifikasi peraturan, instruksi, dan informasi penting di lingkungan jalan raya.

Bahan Membuat Marka Thermoplastik

Marka tersebut terbuat dari berbagai bahan yang memberikan ciri khas pada spidol.

1. Resin Termoplastik:

Termoplastik adalah bahan utama dalam produksi pena termoplastik. Resin ini memberikan sifat dasar termoplastik, yaitu kemampuannya meleleh jika dipanaskan dan mengeras jika didinginkan. Resin alkid, resin hidrokarbon dan resin akrilik adalah beberapa resin yang umum digunakan. Setiap jenis plastik memiliki karakteristik berbeda dalam hal ketahanan dan fleksibilitas. Plastik jenis ini merupakan bahan dasar marka yang mempunyai daya rekat baik pada permukaan jalan dan tahan lama.

2. Penguat atau pengisi

Penguat atau pengisi digunakan untuk meningkatkan daya tahan dan ketahanan abrasi penanda termoplastik dan membantu mengontrol viskositas campuran dan memberikan tekstur yang diinginkan. Bahan pengisi yang umum di gunakan antara lain kalsium karbonat, plester dan bahan pengisi lainnya. Pemilihan bahan pengisi dapat mempengaruhi ketahanan marka dan kemampuannya menahan lalu lintas.

3. Pigmen Warna

Pigmen Warna memberikan warna untuk tanda termoplastik. Warna yang di berikan oleh pigmen harus tahan lama dan terlihat oleh pengemudi. Beberapa pigmen yang umum di gunakan antara lain titanium dioksida (untuk putih), kuning, merah, biru, dan hijau. Pigmen ini memungkinkan tanda memberikan instruksi dan peringatan dengan warna yang jelas dan tahan lama.

4. Bahan pengisi

Bahan pengisi, seperti pasir atau bahan tahan panas, di gunakan untuk mengisi campuran penandaan termoplastik dan memungkinkan kontrol viskositas dan ketebalan campuran untuk memudahkan penandaan. Penggunaan bahan pengisi yang tepat juga dapat meningkatkan kemampuan striping dalam menahan panas dan tekanan lalu lintas.

5. Bahan reflektif

Stempel termoplastik reflektif menggunakan bahan reflektif seperti batu mikro atau kaca reflektif pada lapisan atas tanda. Lapisan ini menciptakan efek berkilau saat terkena lampu kendaraan, meningkatkan visibilitas marka di malam hari atau dalam kondisi minim cahaya. Bahan reflektif ini penting untuk meningkatkan keselamatan jalan.

6. Bahan Tambahan

Beberapa formulasi penandaan termoplastik mungkin mengandung bahan tambahan tergantung pada tujuan spesifiknya. Contoh bahan pelengkap adalah bahan anti slip yang digunakan untuk meningkatkan daya rekat marka atau bahan pengawet yang membantu menjaga ketahanan marka terhadap cuaca dan lalu lintas. Pemilihan material tambahan di sesuaikan dengan kebutuhan penerapan penandaan.

Keunggulan Marka Thermoplastik

Daya tahan tinggi Marka Thermoplastik

Salah satu keunggulan utama stempel termoplastik adalah kemampuannya menahan lalu lintas dan cuaca buruk. Thermoplastik dapat bertahan dalam kondisi jalan yang keras termasuk pergerakan kendaraan yang konstan, hujan, salju, dan panas yang berkepanjangan. Daya tahan ini mengurangi kebutuhan akan perbaikan penandaan yang sering, sehingga menghemat waktu dan biaya pemeliharaan.

Reflektivitas Marka Thermoplastik

Banyak rambu termoplastik memiliki lapisan reflektif yang meningkatkan visibilitas dalam kondisi cahaya redup atau malam hari. Lapisan ini memantulkan cahaya dari kendaraan, membuat tanda lebih mudah dilihat bahkan dalam kondisi minim cahaya. Hal ini penting untuk meningkatkan keselamatan jalan raya, terutama di jalan raya yang sibuk.

Cepat kering

Marka termoplastik cepat kering setelah di aplikasikan pada permukaan jalan. Tingkat pengeringan ini juga memungkinkan penggunaan kembali jalan yang di tandai untuk lalu lintas kendaraan dengan cepat tanpa penundaan yang berarti. Ini juga merupakan aspek penting untuk meminimalkan gangguan lalu lintas dan menjamin kelancaran perjalanan.

Fleksibilitas warna dan bentuk

Keuntungan lain dari spidol termoplastik adalah kemampuannya untuk hadir dalam berbagai warna dan juga bentuk. Hal ini memungkinkan untuk digunakan dalam berbagai konteks, seperti menandai zona pemberhentian, jalur khusus, dan area pejalan kaki. Tersedia dalam berbagai warna dan bentuk, penanda termoplastik dapat di sesuaikan dengan kebutuhan spesifik setiap lokasi.

Ramah lingkungan

Beberapa formulasi marka termoplastik mengurangi kandungan senyawa berbahaya sehingga lebih ramah lingkungan di bandingkan cat marka jalan konvensional yang mengandung senyawa berbahaya seperti timbal. Dengan cara ini, penanda termoplastik mendukung upaya perlindungan lingkungan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, marka thermoplastik adalah pilihan cerdas dan efektif untuk menciptakan sistem lalu lintas yang aman dan efisien. marka ini menawarkan ketahanan tinggi terhadap lalu lintas dan cuaca, serta reflektifitas yang meningkatkan visibilitas dalam berbagai kondisi pencahayaan. Kecepatan pengeringannya meminimalkan gangguan lalu lintas, sementara kemampuannya memberikan saran dan peraturan lalu lintas membantu pengemudi mematuhi peraturan.

Pemisahan lalu lintas yang efektif, keserbagunaan warna dan bentuk, serta juga komitmen untuk ramah lingkungan menjadikan marka termoplastik sebagai pilihan bijak saat membuat rambu jalan dan mendukung keselamatan pejalan kaki, manajemen lalu lintas yang tertib dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan.

Dapatkan Penawaran Terbaik dengan Menghubungi Kami Sekarang Juga!

Konsultasikan kebutuhan jasa marka jalan anda ke pada PT. Aspalin Construction, dengan datang ke kantor Aspalin atau cukup hubungi melalui Telepon atau WhatsApp. Dapatkan penawaran spesial yang jauh lebih hemat dan menguntungkan.

Marka Thermoplastik – Pengertian, Bahan dan Keunggulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas