Marka Kejut / Polisi Tidur, Ternyata Ini Kegunaannya Di Jalan

marka kejut

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melihat berbagai rambu dan simbol di jalan. Salah satu jenis tanda yang paling penting adalah marka kejut. Garis-garis tersebut tidak hanya menjadi hiasan di jalan, namun juga rambu peringatan yang berperan dalam menjaga keselamatan peserta lalu lintas. Polisi tidur memberikan informasi penting kepada pengemudi tentang kondisi jalan atau perubahan mendadak. Aspalin akan memberikan informasi berbagai jenis gundukan, mempelajari peran penting gundukan dalam menjaga keselamatan jalan raya, dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang cara merespons tanda-tanda tersebut.

Apa Itu Marka Kejut?

Rambu kejut atau biasa disebut rambu peringatan merupakan bagian penting dari sistem lalu lintas yang memberikan peringatan kepada pengemudi akan kondisi atau situasi tertentu di jalan. Mereka digunakan untuk mendorong pengemudi agar lebih berhati-hati dan bersiap menghadapi kemungkinan perubahan lalu lintas yang tiba-tiba.

Fungsi Utama Marka Kejut

Fungsi utama dari Marka Kejut adalah memberikan peringatan dan informasi yang penting kepada pengemudi di jalan raya Berikut fungsinya

1. Memberikan Peringatan Bahaya

Penanda tabrakan digunakan untuk memperingatkan pengemudi tentang potensi bahaya di depan. Misalnya, tanda Sharp Bend Shock memperingatkan pengemudi untuk bersiap menghadapi tikungan tajam yang memerlukan perlambatan.

2. Peringatan area khusus

Beberapa penanda tabrakan, seperti penanda tabrakan anak sekolah, mengingatkan pengemudi akan keberadaan area khusus, misalnya sekolah. Hal ini membantu pengemudi lebih berhati-hati dan memperlambat kecepatan saat melintasi kawasan tersebut.

3. Memberikan informasi cuaca

Titik peringatan hujan lebat memberi tahu pengemudi tentang kondisi cuaca buruk. Pengemudi juga dapat bereaksi dengan mengurangi kecepatan dan menambah jarak pengereman untuk menghindari kecelakaan.

4. Prioritas pejalan kaki

Garis tabrakan pejalan kaki memperingatkan pengemudi tentang penyeberangan pejalan kaki dan mengingatkan pengemudi untuk memberikan prioritas kepada pejalan kaki yang menyeberang jalan.

5. Peraturan lalu lintas

Rambu tabrakan di lampu merah adalah contoh lain dari membantu mengatur lalu lintas. Rambu ini memberi tahu pengemudi bahwa mereka sedang mendekati persimpangan dan mereka harus berhenti ketika lampu merah menyala.

Peraturan Tentang Marka Kejut yang Benar

Anda tidak dapat membuat marka kejut secara asal asalan. Padahal, ada kriteria dan persyaratan tertentu untuk membuatnya. Kriteria ini harus dipenuhi agar penilaian dapat bekerja secara efektif. Jika jalur tersebut terlalu banyak, dapat membahayakan pengguna jalan.

Berikut beberapa kriteria marka kejut yang harus Anda perhatikan. Kondisi ini harus di penuhi selama implementasi.

  1. Tinggi maksimum marka adalah 12 cm.
  2. Lebar minimum permukaan marka adalah 15 cm.
  3. Kemiringan penandaan harus 15% dari tinggi yang dibuat, dengan sudut 8,5 derajat.
  4. Jarak antar rambu jenis guncangan tidak boleh terlalu dekat, jarak minimal 100 meter.
  5. Marka kejut harus ditempatkan pada jarak minimal 25 meter dari persimpangan.
  6. Warna marka kejut harus sesuai dengan ketentuan
  7. Di bawah ini adalah beberapa kriteria dasar untuk menandai jenis marka kejut. Persyaratan ini dituangkan dalam peraturan menteri tahun 2014 dan menjadi peraturan paten untuk pembuatan marka kejut tersebut.

Contoh Marka Kejut Yang Sering Ditemui

1. Marka Kejut Tikungan tajam

Marka tikungan tajam merupakan salah satu jenis gundukan yang paling banyak di temui di jalan raya. Rambu-rambu ini memiliki bentuk yang khas, biasanya berupa tanda panah yang mengarah ke sudut lancip, memperingatkan pengemudi bahwa mereka akan segera menemui tikungan yang perlu di perlambat.

Fungsi Marka Kejut tikungan tajam

  • Peringatan bahaya: Tikungan tajam merupakan salah satu titik rawan di jalan raya yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Garis peredam menikung yang tajam juga memberikan peringatan yang sangat jelas kepada pengemudi untuk bersiap menghadapi tikungan yang sangat curam.
  • Kurangi Kecepatan: Salah satu dampak langsung dari peringatan ini adalah pengemudi akan melambat. Saat menghadapi tikungan tajam, memperlambat merupakan tindakan penting untuk menghindari kecelakaan.
  • Mengurangi risiko tabrakan: Dengan memberikan peringatan sebelum berbelok, penanda tabrakan di sudut tajam membantu mengurangi risiko tabrakan di tikungan tersebut. Pengemudi yang mewaspadai tikungan tajam akan lebih berhati-hati dan cenderung berkendara dengan aman.

2. Marka Kejut Pejalan Kaki

Marka dampak pejalan kaki adalah jenis marka dampak yang di rancang khusus untuk memperingatkan pengemudi akan keberadaan tempat penyeberangan pejalan kaki. Fungsi utama dari marka tabrakan ini adalah untuk meningkatkan keselamatan pejalan kaki di jalan dan memastikan bahwa pengemudi memberikan prioritas kepada pejalan kaki.

Fungsi Kejut Pejalan Kaki

  • Prioritas bagi pejalan kaki: Marka tabrakan pejalan kaki dengan jelas menunjukkan kepada pengemudi bahwa ada tempat penyeberangan pejalan kaki di dekatnya. Hal ini merupakan pengingat penting bahwa pejalan kaki mempunyai hak yang sama di jalan dan pengemudi harus memberikan prioritas kepada pejalan kaki.
  • Mengurangi risiko kecelakaan: Dengan mengingatkan pengemudi juga akan keberadaan pejalan kaki, penanda dampak pejalan kaki membantu mengurangi risiko kecelakaan antara kendaraan dan pejalan kaki. Pengendara akan lebih waspada dan bersedia memberi jalan kepada pejalan kaki yang hendak menyeberang.
  • Membantu pejalan kaki menyeberang jalan dengan lebih mudah: Marka jalan tahan benturan ini juga membantu pejalan kaki merasa lebih aman saat menyeberang jalan. Pejalan kaki tahu bahwa pengemudi telah melihat tanda peringatan ini dan akan menurutinya.

3. Marka Kejut Hati-Hati Anak Sekolah

Rambu Hati-Hati Anak Sekolah merupakan salah satu jenis rambu peringatan guncangan yang mempunyai peranan khusus dalam menjaga keselamatan anak di lingkungan sekolah. Tanda ini dengan jelas memperingatkan pengemudi bahwa mereka mendekati zona sekolah dan harus sangat berhati-hati.

Fungsi Marka Kejut Hati hati anak sekolah

  • Memberikan Peringatan akan ada Sekolah: Penanda tabrakan ini memperingatkan pengemudi bahwa mereka mendekati zona sekolah di mana mungkin ada banyak anak. Ini merupakan pengingat penting bahwa pengemudi harus sangat berhati-hati karena anak-anak sering kali belum sepenuhnya memahami lalu lintas.
  • Kurangi Kecepatan: Salah satu dampak langsung dari peringatan ini adalah pengemudi akan melambat. Di dekat kawasan sekolah, pengemudi harus mengemudi dengan kecepatan lebih lambat untuk menjamin keselamatan anak-anak yang menyeberang jalan.
  • Mengurangi risiko kecelakaan: Dengan memperingatkan pengemudi juga akan kehadiran anak-anak di zona sekolah, memperingatkan penanda tabrakan kepada anak-anak sekolah membantu mengurangi risiko kecelakaan di tengah kendaraan, kenyamanan dan anak-anak. Pengendara juga akan lebih berhati-hati dan rela memberi jalan kepada anak-anak yang hendak menyeberang jalan

Dengan peringatan yang jelas, penanda tabrakan membantu mengurangi risiko kecelakaan di berbagai situasi, seperti tikungan berbahaya, penyeberangan pejalan kaki, dan zona sekolah. Polisi tidur memperingatkan pengemudi untuk lebih berhati-hati, memperlambat kecepatan dan mengutamakan pejalan kaki.

Pentingnya marka tabrakan tidak hanya terbatas pada keselamatan pengemudi tetapi juga menyangkut keselamatan pejalan kaki, anak-anak dan seluruh masyarakat di sekitar jalan raya. Mematuhi rambu-rambu tabrakan merupakan kewajiban setiap pengemudi untuk menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman dan tertib.

Marka Kejut / Polisi Tidur, Ternyata Ini Kegunaannya Di Jalan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas