perhitungan campuran paving block

Perhitungan Campuran Paving Block dan Campuran Paving Block

Posted by

Jika Anda mempertimbangkan untuk memasang paving block di halaman rumah atau ruang outdoor lainnya, salah satu langkah penting yang harus dilakukan adalah menghitung kebutuhan material secara akurat. Dengan melakukan perhitungan yang akurat, Anda dapat menghindari pembelian material yang berlebihan atau kurang sehingga proyek pemasangan paver lantai Anda berjalan lancar. Pada artikel kali ini Aspalin akan membahas bagaimana perhitungan campuran paving block.

Langkah Pemasangan Paving Block

1. Pelajari tentang jenis-jenis batu paving

Sebelum Anda mulai menghitung, pertimbangkan berbagai jenis batu paving yang tersedia. Pavers dapat mengunci sendiri, tahan air, atau memiliki struktur khusus. Pemilihan jenis paver akan mempengaruhi proporsi campuran.

2. Tentukan tujuan penggunaan

Paver yang digunakan untuk trotoar memiliki persyaratan yang berbeda dengan paver yang digunakan untuk area parkir. Identifikasi dengan jelas tujuan penggunaan sehingga Anda dapat memilih bahan dan rasio pencampuran yang tepat.

3. Identifikasi faktor lingkungan

Kondisi lingkungan sangat mempengaruhi konstruksi campuran. Misalnya, jika ubin akan ditempatkan di area yang membeku dan mencair berulang kali, maka perlu mempertimbangkan campuran yang mampu menahan siklus tersebut.

4. Memahami komponen dasar

  • Semen: Pilih jenis semen yang sesuai dengan kebutuhan proyek. Hitung berat berdasarkan volume yang diinginkan.
  • Agregat: Sesuaikan jenis dan ukuran partikel untuk mencapai kekuatan dan pemadatan yang diinginkan.
  • Air: Tentukan jumlah air yang dibutuhkan untuk mencapai konsistensi yang baik. Pertimbangkan kelembapan udara.
  • Bahan Tambahan: Jika digunakan, tentukan jenis dan jumlah bahan tambahan yang sesuai seperti serat atau perekat.

5. Rasio ideal

Semen terhadap agregat: Tentukan rasio semen terhadap agregat yang sesuai untuk jenis paver. Rasio ini dapat bervariasi dari 1:2 hingga 1:4 tergantung pada kebutuhan proyek. Campuran Air: Atur rasio campuran air untuk menciptakan konsistensi yang dapat diatur tanpa mengorbankan kekuatan.

6. Hitung ukuran paving block

  • Langkah 1: Hitung volume ubin lantai menggunakan rumus panjang × lebar × tinggi.
  • Langkah 2: Tentukan rasio pencampuran tergantung pada jenis penyebar. Misalnya, untuk ubin lantai tahan air, mungkin di perlukan lebih banyak perekat.
  • Langkah 3: Hitung berat masing-masing bahan secara proporsional. Misalnya, untuk perbandingan 1:3:0,5 (semen:agregat:air), hitung beratnya berdasarkan persentase.
  • Langkah 4: Sesuaikan jumlah air yang sesuai. Menggunakan air yang tepat adalah kunci untuk mencapai konsistensi yang tepat.

7. Kualitas bahan

Pastikan agregat bersih dan bebas dari benda asing. Semen berkualitas tinggi juga penting untuk menciptakan campuran yang kuat.

Menghitung Jumlah Paving Block

1. Tentukan luasnya

  • Ukur panjang dan lebar area: Gunakan alat ukur untuk menentukan panjang dan lebar area yang di tutupi lapisan. Ingatlah untuk menuliskan angka-angkanya dengan benar agar hasil perhitungannya akurat.
  • Kalikan panjang dan lebar: Kalikan panjang dan lebar suatu luas untuk mendapatkan luas total dalam meter persegi. Misal panjangnya 5 meter dan lebarnya 3 meter, maka luasnya adalah 15 meter persegi.

2. Pilih Jenis dan ukuran paving block

  • Tentukan jenis paving: Pilih jenis paving yang sesuai dengan kebutuhan proyek dan preferensi desain Anda. Misalnya bisa di kunci atau tahan air.
  • Ukuran Paving : Pilih ukuran paving block yang akan di gunakan. Ukuran yang umum di gunakan secara keseluruhan 20 cm x 20 cm.

3. Hitung Luas Satu Paving Block

Rumus luas paving block: Gunakan rumus luas = Panjang x Lebar untuk menghitung luas satu paving block. Misalnya, jika paving block memiliki panjang 20 cm dan lebar 20 cm, maka luasnya adalah 400 cm persegi.

4. Tentukan rasio Pemasangan

Rasio Pemasangan Desain jika proyek menggunakan pola tertentu, seperti pola zigzag atau chevron maka tentukan rasio pemasangan. Misalnya, jika setiap blok paving memerlukan satu blok paving tambahan lagi untuk pola tertentu, Itulah rasio yang harus anda tentukan.

5. Hitung Jumlah Paving Block

Rumus Jumlah Paving Block: Gunakan rumus berikut untuk menghitung jumlah paving block yang di butuhkan. Hasilnya akan memberikan estimasi jumlah paving block yang harus Anda beli. Pastikan Perhitungan campuran paving block benar dan tepat.

perhitungan campuran paving block

6. Tambahan Cadangan

Tambahkan cadangan 5-10%: Untuk mencegah kerusakan, paving block yang pecah, atau kesalahan dalam pemasangan, tambahkan cadangan sekitar 5-10% dari jumlah yang di hitung. Misal estimasi jumlahnya 100, tambahkan 5-10 paving sebagai cadangan.

Tambahan Material Pemasangan Paving Block

  1. Pasir Urug: Saat meletakkan paving block, pasir pengisi di gunakan sebagai alasnya. Kebutuhan pasir pengisi di hitung berdasarkan ketebalan dan luas permukaan pasir. Misal tebal pasir 10 cm dan luas 50 meter persegi, maka kebutuhan penimbunan pasir adalah 5 meter kubik.
  2. Pasir campur: Campuran pasir di gunakan sebagai campuran semen untuk mengisi celah antar paving block. Kebutuhan pasir di hitung berdasarkan perbandingan dan jumlah potongan paving. Misalnya perbandingannya 5 mm dan jumlah paving blocknya 615, maka kebutuhan pasirnya sekitar 0,5 meter kubik.

Kesimpulan

Konsultasikan kebutuhan anda kepada jasa pasang paving block terpercaya. Ini adalah panduan sederhana untuk menghitung kebutuhan paver block Anda. Pastikan untuk menggunakan ukuran paving pilihan Anda dan selalu periksa rasio campuran dan petunjuk pemasangan dari pabriknya. Dengan perhitungan yang tepat, Anda dapat memastikan pemasangan paving block Anda berjalan lancar dan memenuhi ekspektasi dan pastinya tidak akan melebihi budget yang anda siapkan.